Berkenalan dengan Mawar Gurun

bunga-2.jpgbunga-4.jpgbunga-1.jpgAdenium sebagai tanaman hias sudah dikenal di seantero dunia sejak abad pertengahan. Pada abad tersebut, adenium sudah dijadikan barang dagangan oleh Bangsa Persia, India, Malaka dan Cina. (Petunjuk Praktis Perawatan Adenium: 2004).
Meski sudah banyak di kenal banyak orang, di Indonesia, Adenium baru beberapa tahun belakangan ini mendapat perhatian dari para pecintanya. Bahkan sempat mengalami bunga-5.jpgbunga-3.jpgpenurunan pamor pada 2003, ini disebabkan munculnya jenis tanaman hias baru eksotis lainnya, sepertihalnya Euphorbia. Tapi pada tahun berikutnya (2004), Adenium kembali bangkit, bahkan diramalkan akan bertahan hingga beberapa tahun kemudian.
Karakter Mawar Gurun
Adenium termasuk tanaman jenis Kamboja. Tapi sebetulnya Adenium sangat berbeda dengan Kamboja, meski masih dalam satu keluarga Apocynaceae. Perbedaan yang mencolok yakni pada kromosom Kamboja berjumlah 18 buah, dan kromosom adenium 22 buah. Makanya, kedua tanaman ini tidak bisa dikawinsilangkan.
Perbedaan lainnya bisa dilihat dari daun dan akarnya. Daun adenium jauh lebih kecil disbanding dengan daun kamboja. Akar adenium mampu membesar seperti umbi dan meliuk kanan-kiri sebagai tempat menyimpan air, sedang akar kamboja tidak seperti itu.
Dilihat dari sosoknya, adenium termasuk tanaman yang menyukai cuaca panas, sehingga dapat bertahan lama meski di tempat yang kering sekalipun. Ini karena adenium sesungguhnya berasal dari gurun, jadi tak heran, jika adenium juga dijuluki sebagai mawar gurun. Tiga hal yang perlu diketahui oleh pecinta adenium, tanaman ini lebih memerlukan sinar matahari penuh, tidka memerlukan banyak air dan menyukai media tanam yang porous atau berliang renik.
Jenis-jenis Adenium
Dari tahun ke tahun, adenium selalu berkembang, dan banyak ahli yang melakukan eksperimen, sehingga muncul nama-nama baru. Per tahunnya, adenium bisa memunculkan minimal 10 jenis.
Misalnya, Red Dusk, Superba, Hiphop, Shangrilla, Superba, Placido dan pada Agustus 2006 lalu, muncul beberapa nama, diantaranya, Estima, Flame, Axes, Kodomo, Diablo, Sonoma, Qyu-qyu dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: