Bordir, Ikon Baru Kota Kudus

Kudus  kota kretek … (semua sudah tahu)
Jangan lupa, kalau ke Kudus bawa oleh-oleh jenang … (itu sudah biasa )
Soto kudus memang beda … (itu pun tak mengherankan)
Saudara orang kudus? Wah, bisa pesan baju bordir ni … Saya pengagum bordir kudus, lho. (ini yang kita tunggu-tunggu).

Kudus, memang salah satu kota terkecil di jawa tengah. Namun dalam beberapa hal, kota ini memiliki keunggulan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kota ini memiliki warga yang kreatif dan produktif. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga kudus yang mengelola home industry, mulai bisnis makanan, tas, sepatu, pakaian dll.
Bila selama jenang dan soto menjadi bisnis di bidang makanan yang mampu menjadi ikon kota kudus, maka tidak berlebihan bila selanjutnya kita mengembangkan dan memaksimalkan bisnis di bidang pakaian, khususnya bordir. Harapannya, ke depan, industri bordir mampu menjadi ikon baru di kota kudus. “Kudus kota bordir,” begitulah kira-kira.
Berbicara bisnis di bidang pakaian khususnya bordir bagi masyarakat kudus sebenarmya bukan hal baru. Apalagi seiring perkembangan teknologi yang ditandai dengan munculnya mesin bordir bertenaga listrik (mesin juki dan komputer), bisnis ini pun kian diminati. Dengan adanya mesin bordir bertenaga listrik, secara otomatis, variasi bordir pun semakin bertambah dan hal ini rupanya mendapat respon positif dari konsumen (pasar).
Sesuai dengan hukum ekonomi bahwa semakin banyak permintaan maka produksi akan semakin bertambah, selanjutnya telah terjadi sinergi yang kondusif antara produsen bordir dan penikmat bordir yang berasal dari lokal maupun luar kota kudus, bahkan luar pulau.
Bukan itu saja. Perkembangan usaha bordir pun membawa berkah tersendiri bagi warga Kota Kudus yaitu, semakin terbukanya lapangan pekerjaan baru yang secara ototmatis pula mengurangi jumlah pengangguran. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya kursus bordir yang siap menyediakan dan menerjunkan lulusannya di bidang tersebut

IKON BARU

Bila dlihat dari segi jumlah (kuantitas), pengusaha yang bergerak di bidang bordir tidaklah sedikit. Di kecamatan Gebog, misalnya. Di sana telah berdiri puluhan jasa pengusaha bordir, mulai dari yang berskala kecil, menengah sampai yang berskala besar. Belum lagi di kecamatan – kecamatan lain, yang banyak pula jumlahnya.
Dari segi kualitas, bordir kudus tidak diragukan mutunnya. Melihat kenyataan tersebut, sebetulnya potensi untuk mengembangkan usaha ini sangat besar dan prospektif. Dan potensi besar ini hanya akan menjadi jamur yang bertebaran di musim hujan, yang akan segera hilang, apabila tidak memperoleh perhatian khusus.
Oleh karena itu, perlu ada pembinaan dan perhatian yang lebih besar dari pemerintah daerah, agar usaha ini berkembang dengan baik dan menjadi unggulan kota kudus selain industri kretek, jenang, dan soto yang lebih dulu menjadi ikon kota yang didirikan oleh Sunan Kudus ini.
Perhatian itu bisa diwujudkan, misalnya dengan bantuan modal usaha yang ditujukan untuk pengusaha bordir yang masih kecil, sehingga mereka dapat terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar dan mandiri. Informasi bantuan ini pun hendaknya disosialisasikan secara luas, sehingga bantuan modal tidak hanya dimonopoli oleh pengusaha menengah dan besar.
Selain itu, kerjasama promosi, strategi pemasaran antara pemerintah dan semua pengusaha (kecil, menengah, besar) juga hendaknya digalakkan agar mampu menembus pasar nasional, syukur bisa mencapai internasional.
Selanjutnya, hal yang tidak boleh diabaikan adalah para pengusaha bordir kudus harus berani bersaing dengan bordir – bordir hasil dari kota lain dalam hal mutu produk. Bagaimana pun, mutu adalah hal utama. Karena suatu produk bisa diandalkan ataupun tidak, tergantung pada mutu produk tersebut.

Karyati Inayah
Staf Pengajar Primagama Kudus, Alumnus Fakultas Sastra
Universitas Diponegoro Semarang dan Pengurus Wilayah
IPPNU Jateng 2004-2006

2 Comments »

  1. 1

    warga kudus saya bingung nih, mau penelitian dengan tema “motivasi pekerja dalam mengembangkan kreativitas bordir “.minta bantuanya dalam memetakan masalah yang ebenarnya dalam mengembangkan kompeksinan bordir di kota kudus.

  2. 2
    uddien Says:

    maju terus bordir kudus, semoga bordir kudus bisa mendunia
    http://bordirkudus.com


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: