PERAWATAN DAN PEMELIHRAAN ORGAN REPRODUKSI

dr. Iwan, saya mau Tanya. Begini dok, kemaluankusering kali terasa gatal dan terkadang timbul bintik-bintik merah, saya jadi takut jika itu adalah infeksi. Tapi ketika haid, tidak terjadi apa-apa, tapi ya….itu, aku harus sering ganti pembalut bahkan harus rajin membersihkan bulu kemaluan. Kira-kira apa ada yang salah dengan perawatan ya dok? Terima kasih.(endah_susanti@yahoo.com)

—————————–

iwan.jpgSeperti layaknya oragan tubuh yang lain, organ reproduksi seksual juga harus diberi perawatan dengan baik. Ada beberapa yang perlu dilakukan untuk memlihara oragan reproduksi:

      senantiasa menjaga kebersihannya. Usahakan agar senantiasa kering dan tidak lembab. Karena keadaan basah memudahkan berjangkitnya infeksi dari luar.

          Cara menyeka yang benar (dengan handuk atau tisu maupun air sewaktu membersihkan) adalah dari arah depan ke belakang, agar bibit penyakit yang kemungkinan besar bersarang di dubur tidak terbawa kewilayah kemaluan yang akan menimbulkan infeksi, peradangan dan rangsangan rasa gatal.

          Untuk memudahkan penyerapan getah dan keringat, gunakanlah pakaian dalam yang berbahan katun dan bukan nilon atau bahan sintesis lain yang kecil daya serapnya.

       Jangan menggunakan alat-alat bantuan untuk masturbasi yang bisa menyebabkan robeknya selaput dara dan infeksi pada vagina atau penis.

          Untuk remaja laki-laki, sunat pada bagian ujung penis diperlukan untuk menjaga kebersihan penisnya. Beberapa peneliti membuktikan rendahnya kejadian kanker rahim pada istri yang suaminya disunat.

          Mencukur bulu kemaluan secara teratur, karena rambut kemaluan bisa juga ditumbuhi sejenis jamur atau kutu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal bagi kita.

      Jangan menggunakan alat pembersih kimiawi tertentu karena akan merusak keasaman vagina yang berfungsi menumbuhkan bakteri atau kuman yang masuk. Demikian juga tidak diperbolehkan menggunakan deodorant atau spray. Rangsangan dari bahan ini dapat menimbulkan peradangan dari liang senggama dan bibir kemaluan dengan keluhan gatal dan keputihan.

“…..Senantiasa menjaga kebersihannya. Usahakan agar senantiasa kering dan tidak lembab….”

 

PERLU DIPERHATIKAN OLEH PEREMPUAN

    Pada saat haid, pembuluh darah dalam rahim sangat mudah terkena infeksi, karena itu kebersihan vagina harus dijaga karena kuman mudah sekali masuk dan dapat menimbulkan penyakit pada saluran reproduksi.

      Selama haid mungkin timbul rasa nyeri pada pinggang dan panggul, hal ini disebabkan adanya peregangan pada otot rahim.

   Untuk menjaga kebersihan, pergunakan pembalut selama haid harus diganti secara teratur 2-3 kali atau setelah mandi dan buang air kecil.

   Jika pemakaian pembalut yang dibuang sebaiknya dibungkus sebelum dibuang ke tempat sampah. Untuk pembalut lainnya (dari kain) sebaiknya sebelum dicuci terlebih dahulu direndam memakai sabun pada tempat tertutup.

Selama haid mungkin timbul rasa nyeri pada pinggang dan panggul”

1 Comment »

  1. 1
    Adit Says:

    saya punya teman yang tinggal di kudus dan saya ingin mengunjungi teman saya disana,, klo berkunjung ke kudus itu enaknya stay di hotel apa y??


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: